Mengatasi rasa takut dalam Public Speaking

Hampir semua presentasi atau pidato sangatlah membosankan. Ini adalah satu hal yang dapat memicu ketakukan dan rasa gugup Anda ketika dalam membawakan suatu presentasi kepada para audience anda sehingga dapat memicu rasa takut dan gugup saat melakukan Public Speaking atau presentasi ketika berada di atas panggung.

Dalam dunia Public Speaking sangat di sarankan untuk melakukan satu hal yang dapat membuat Anda sebagai Public Speaker merasa nyaman dengan kondisi yang di hadapi saat melakukan presentasi atau pidato, contohnya membayangkan saat Anda membawakan materi di depan banyak orang dan membayangkan berhasil menarik perhatian Audience.

Tetapi membayangkan audience Anda bertepuk tangan sambil melakukan standing ovation ini juga tidak selalu berhasil dalam menghilangkan rasa ketakutan dan rasa gugup Anda. Ada banyak sekali cara “pengalihan” yang dapat dipraktekan oleh para pembawa seminar ,namun bukannya dapat membuat menjadi lebih baik lagi malahan membuatnya menjadi semakin buruk dan kacau. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa takut dalam Public Speaking.

  • Pertama Anda bisa melakukan (latihan kecil), lakukanlah persiapan yang sangat matang dengan melakukan latihan. Ajaklah 3 sampai 5 teman Anda untuk mendengarkan presentasi yang Anda bawakan. Latihan ini sangat membantu melatih menghilangkan rasa takut dan gugup Anda saat melakukan presentasi, kalau Anda sudah mulai terbiasa, maka di saat berbicara dihadapan 500 orang pun akan terasa sama di saat Anda melakukan latihan terhadap 3 sampai 5 orang.
  • Kedua (Jangan Diam) saat melakukan presentasi. Ketika anda diam, seluruh tubuh Anda dari atas sampai bawah pasti akan terasa sangat kaku sehigga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, ini pemicu anda menjadi gugup dan akan menimbulkan kebingungan saat presentasi. Tipsnya adalah berjalanlah dengan santai atau tenang ke arah kanan penonton dan kiri, sesekali lakukanlah pendekatan kepada penonton. Rasakanlah keakraban Anda dengan Audience, sehingga Audience akan merasa tertarik dan nyaman dengan presentasi yang Anda bawakan.
  • Ketiga(Fokus kepada Audience), ketika Anda membawakan Public Speaking, cobalah untuk tidak melilhat seluruh audience, lihatlah perwakilan saja, jika Anda ingin fokus kepada satu orang, kemudian dapat berpindah ke orang lain dari sisi yang berbeda, dan ajaklah audience anda untuk bertanya itu adalah┬ácara untuk meningkatkan percaya diri dan menimbulkan keakraban.

 

Hubungi kami di:
Phone: 0857 210 70 453 (Yosep); 081 821 5685 (Ina)
Line id: davidsetiadi.com
Email: DavidSetiadiManagement@gmail.com
Alamat: Jln. Karasak Lama No.6 , Bandung, Jawa Barat
training public speaking bandung